Kampusku, Sekarang Aku Terasing

Pagi tadi aku ke kampus untuk bertemu dengan dosen pembimbingku. Ketika masuk lingkungan kampus aku langsung merasa aneh dengan apa yang terjadi. Suasana seprti ini pernah ku alami sebelumnya, yaitu ketika pertama kali aku masuk kuliah tapi perasaanku tadi pagi melebihi perasaanku ketika pertama kali kuliah.

Ketika aku mau parkir motor, aku heran kenapa parkiran itu jadi khusus parkir mobil. Apa kampusku telah berubah jadi kampus para borjuis. Lantas pandanganku tertuju pada deretan motor yang diparkir di sembarang tempat dan saling menyebar tak beraturan. Wao ternyata sekarang parkiran motorpun telah di gusur “kemajuan” .

Setelah ku parkir motorku aku segera menuju ke lantai dua, mataku tak kubiarkan berkedip menatap sesuatu yang ku rasa amat-amat sangat mengherankanku. Sindrom gaul memang hebat pikirku. Sampai-sampai karena gak pengen di bilang gak gaul, mereka nekat memakai pakaian yang gak matching sama sekali bahkan menjurus ke norak. Dasar ndeso katok (Maap mas tukul aku pinjem istilahmu).

Efek perubahan? “mungkin” karena kampusku yang dulu bernama IAIN Sunan Kalijaga yang terkenal sebagai basis agama Islam telah berubah bentuk menjadi UIN Sunan Kalijaga lebih gaulkan.

Terlepas dari fenomena parkiran dan pakaian, statusku sebagai mahasiswa tua mungkin juga berperan sebagai elemen pengasingan yang menimpaku. Tak terasa sudah hampir empat tahun aku kuliah di kampus putih, banyak kenangan yang tak kan kulupakan. Dahulu hampir setiap pagi di Tangga Demokrasi para mahasiswa selalu disuguhi oleh aksi demo mahasiswa, sekarang juga masih disuguhi demo tapi demo para tukang bangunan yang sedang berkerja, ting tong. Kenangan paling mengesankan dulu di lembah Adab hampir tiap sore ada saja kelompok-kelompok mahasiswa yang menggelar diskusi entah membahas tentang perkuliahan, isu seputar kampus, situasi negeri tercinta Indonesia, dll. Semua sirna seiring perubahan ini. Huuuuuuuuh.

Hanya sebuah kalimat yang terlontar dari mulutku

“Kampusku, sekarang aku terasing”.

 

9 Tanggapan

  1. memang perubahan selalu membawa dampak positif n negatif tapi lok dampak negatifnya lebih banyak, itu namanya kemunduran dong.
    Harus segera di lakukan perubahan karena jika terlambat maka itu akan sangat merugi kan n citra kampus putih akan menjadi kampus kelam.
    Tapi paling tidak bangunan UIN kan sekarang dah bagus n malah teramat bagus untuk kuliah mahasiswa dari kaum menengah kebawah.
    moga biayanya gak ikut Megah.

  2. wah ternyata dikampus juga da pengasingan ya, tak kira cuman di pengungsian aja.
    hehehe eh pa u kuliah di pedalaman kali jadi nya u terasing.
    maap bercanda.

  3. Cah_Cutex

    We alah kampusku tuh amat teramat strategis banget.
    kanan kirinya aja telah bertengger dengan megahnya sapir sequere n amplas (ambarokmo plasa).
    Pa kurang strategis.
    ya tapi gara-gara strategis ini mahasiswa kampusku sekarang pada sering ngeceng ke mall.
    Gaul gaul gaul gaul.

  4. saya juga sering kok mas, dulu, lewat Kalijaga. ada nuansa tersendiri. sekarang sudah modern… seperti mal meski saya seumur-umur tak pernah masuk kampus itu.

    namun, jangan khawatir, masih ada jiwa perubahan dan semangat dibalik kemasan mahasiswa-wi gaul bajunya. semoga…

  5. Aphe_joss pada Munggur

    Ya semoga saja kemasannya membawa makna yang dalam sehingga UIN (Universitas Insakallah Negeri) Sukijo dapat menjadi pencetak pemimpin bangsa yang agamis “semoga”

  6. mas lok nulis tu ati2…aku juga cha UIN lho…kadang2 pake bjunya jg nyleneh. tapi kelakuanku ngga nyleneh…

  7. Aphe_Joss pada Mahasiswa

    lho Aku nulis berdasarkan apa yang aku lihat n terjadi dilapangan kok. Ya aku kan dah bilang gak semua mahasiswa UIN begitu hanya sebagian “besar”……?
    Kamu kan mahasiswa UIN jadi U bisa buktikan apa yang aku tulis. Cek saja kondidi riil di lapangan.

  8. oiiiiiiiiiiiii mas dab kok terasing py? kpn le ujian?

  9. tanggal 1 oktober bos, doa ne yo?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: