Saran Dari Seorang Pustakawan Untuk Calon Presiden

Sebentar lagi hajadtan besar akan digelar di negeri Indonesia tercinta ini, Rakyat Negeri ini akan melaksanakan PEMILU, yang mana  merupakan  suatu pesta demokrasi penting untuk  kemajuan bangsa ini 5 tahun ke depan. Untuk itu perlu kiranya saya sebagai seorang pustakawan memberikan saran untuk calon presiden. Seorang calon presiden harus melalui beberapa laku;

  1. Laku Hambeging Kisma; maknanya seorang pemimpin yang selalu berbelas kasihan dengan siapa saja. Kisma artinya tanah. Tanah tidak memperdulikan siapa yang menginjaknya, semua dikasihani. Tanah selalu memperlihatkan jasadnya. Walaupun dicangkul, diinjak, dupupuk, dibajak tetapi malahan memberi subur dan menumbuhkan tanam-tanaman.
  2. Laku Hambeging Tirta; maknanya seorang pemimpin harus adil seperti air yang selalu rata permukaanya. Air tidak pernah emban oyot emban cindhePilih Kasih“.
  3. Laku Hambeign Dahana; Maknanya seorang pemimpin harus tegas seperti api yang sedang membakar. Namun pertimbangannya berdasarkan akal sehat yang bisa dipertanggungjawabkan sehinga tidak membawa kerusakan di muka bumi.
  4. Laku Hambeging Samirana; maknanya seorang pemimpin harus berjiwa teliti dimana saja berada. Baik buruk rakyat harus diketahui oleh mata kepala sendiri, tanpa menggantungkan laporan dari bawahan saja. Bawahan cenderung selektif dalam memberikan laporan (informasi) untuk berusaha menyenangkan pimpinan.
  5. Laku Hambeging Samodra; Maknanya seorang pemimpin harus mempunyai sifat samudra raya yang siap menampung apa saja yang hanyut dari daratan. Jiwa samudra mencerminkan pendukung pluralisme dalam hidup bermasyarakat yang berkharakter majemuk.
  6. Laku Hambeging Surya; maknanya seorang pemimpin harus memberi inspirasi pada bawahannya ibarat matahari yang selalu menyinari bumi dan memberi energi pada setiap makhluk.
  7. Laku Hambeging Candra; Maknanya seorang pemimpin harus memberi penerangan yang menyejukkan seperti bukan bersinar terang benderang namun tidak panas. Bahkan terang bulan tampak indah sekali. Orang jawa menyebutnya
  8. Laku Hambeging kartika; maknanya seorang pemimpin harus tetap percaya diri meskipun dalam dirinya ada kekurangan. Ibarat bintang-bintang di angkasa, walaupun ia sangat kecil tapi dengan optimis memancarkan cahayanya, sebagai sumbangan buat kehidupan.

Ada yang mau menambahkan? … saya tunggu ya

Daftar Pustaka

Purwadi. 2007.  Ensiklopedi Adat-Istiadat Budaya Jawa. Yogyakarta: Panji Pustaka.

10 Tanggapan

  1. Saranku untuk calon presiden yaitu berdayakan seluruh potensi Sumberdaya Alam Indonesia untuk Kemakmuran masyarakat. Jangan malah dijual ke pihak asing hanya untuk kepentingan pribadi dan golongan.

    Kalo saranku g diterima, mending golput aku…!!!!!

  2. Huakakakakakakakakak …..

    APheee…Anjrit anjrit…😀 mentang2 wis Lulus Asem ckckck …

    Nek aku rau okech syarate Bro, nek iso yo gaji Pustakawan disamakan dengan Menteri Pendidikan, ikuae bro wis cukup, piye ?

    Sepakat kan ? *Tapi egois banget yo ..

  3. Aphe_Joss Pada zulf4

    Setubuh coy,,,
    Bangsa ini harus menghilangkan budaya jual menjual Sumber Daya Alam ke pihak asing,,,, Dari pada dijual n dikelola pihak asing ya mbok ya o kita kelola sendiri-kita manfaatkan untuk kita sendiri-kita sejahterakan rakyat bangsa ini jng mlh menyejahterakan bangsa lain. Wes gek ndang bertindak!!!

  4. Aphe_joss pada aribicara Wah jng melihat semuanya dari materi (huwahaaaa kyo sok ra butuh duwet) Yen masalah gaji pustakawan? perlu kita bicarakan secara detail n terstruktur. kalau perlu kita para pustakawan mengadakan DEMO besar-besaran, Wes ayo gek ndang DEMO ae, Tak pimpin po piye!!!

  5. untuk pak Presiden, tolong jadikan Library as a part of our daily life

  6. Aphe_joss Pada anggi

    Setuju coy, perjuangkan terus profesi kita,hehehe

  7. assalamu alaikum….

    bagi dong ilmu perpustakaan mengenai cara mengklasifikasi perpustakaan berdasarkan isi buku, saya baru aja 5 bln menjadi pustakawati di SDIT sangata kutai timur, kal-tim, jadi belum mengerti mau diapain perpustakaan ini agar lebih menarik dan tidak menjenuhkan !!!!!!!!!!

    wassalam trims atas bantuannnya

  8. Aphe_Joss Pada mirnawati
    Waalaikum salam… Kalau mengenai cara mengklasifikasi perpustakaan sebaiknya mbak mirna cari bukunya pak Towa P. Hamakonda, MLS dengan judul Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Buku ini dimaksudkan untuk melengkapi pelajaran Klasifikasi yang diberikan pada berbagai penataran perpustakaan terutama untuk praktek penggunaan Sistem Klasifikasi Persepuluhan Dewey (Dewey Decimal Classication), yang dipakai oleh sebagian besar perpustakaan di Indonesia. Buku ini merupakan adaptasi dari buku Klasifikasi Persepuluhan dewey dan bukan sekedar ringkasan atau penyederhanaan dari pada buku aslinya. adaptasi ini didasarkan pada edisi lengkap Dewey Decimal Classification yang mutakhir (edisi ke 18) yang disusun kembali mengingat kebutuhan nyata perpustakaan-perpustakaan di Indonesia. Selamat ya sudah menjadi pustakawan. SEMANGAT…..

  9. Msih bngung cra mengklasifikasi

  10. aphe_joss pada We2nk
    Mungkin perlu tanya-tanya ke temen yang sudah lebih paham, sebenarnya mudah asal terbiasa mengklasifikasi dan memahammi cara kerjanya. Semoga cepat mendapat pencerahan,,, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: